Sosial Distancing dan Physical Distancing, Inilah Arti dan Perbedaannya

Sosial Distancing dan Physical Distancing, Inilah Arti dan Perbedaannya

dhihya7.blogspot.comHalo sobat semuanya. Perkembangan kasus virus corona atau Covid-19 di Indonesia, membuat Presiden Joko Widodo untuk mengeluarkan kebijakan bekerja dan beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH) bagi pekerja dan belajar dari rumah untuk pelajar dan mahasiswa.

Hal-hal tersebut tidak lepas dari penerapan social distancing yang dianggap sebagai cara paling efektif untuk mencegah penyebaran virus corona. Istilah social distancing pun  populer, dan  sempat menjadi trending topic di berbagai media sosial. Setelah istilah sosial distancing populer. WHO mengeluarkan istilah baru yaitu physical distancing. Apa perbedaan dua istilah tersebut?. Kali ini kami berikan arti sosial distancing dan physical distancing serta perbedaannya.

Apa Itu Sosial Distancing ?

Sosial Distancing dan Physical Distancing, Inilah Arti dan Perbedaannya

Social distancing adalah tindakan pembatasan untuk mengendalikan infeksi suatu virus atau memperlambat penyebaran suatu penyakit menular.
Social distancing pada dasarnya bertujuan mengurangi penularan virus dari satu orang ke orang lain.

Social distancing menurut Center for Disease Control (CDC), adalah suatu tindakan menjauhi segala bentuk kerumunan atau perkumpulan, jaga jarak antar orang lain, dan menghindari semua pertemuan dan acara yang menimbulkan keramaian.

Bisa dikatakan begini, masyarakat dihimbau untuk mengurangi semua aktivitas di luar rumah, seperti kantor, sekolah, tempat pariwisata, dan semua tempat yang banyak dikunjungi oleh orang.

Jika seseorang berada dalam kondisi dan situasi yang memaksa melakukan aktivitas di luar rumah, sebaiknya memberi jarak sekitar 1—2 meter dari orang lain.

Saat di tengah pandemi virus corona. Social distancing sangatlah dianjurkan untuk setiap orang agar tidak terinfeksi Covid-19. Berikut ini cara melakukan social distancing untuk menghambat dan menghentikan penyebaran virus Covid-19.
Sosial Distancing dan Physical Distancing, Inilah Arti dan Perbedaannya

  • Tidak mengadakan segala bentuk pertemuan

    Jangan mengadakan segala bentuk pertemuan yang melibatkan banyak orang.

  • Berhati-hati dengan benda yang ada fasilitas umum

    Selalu berhati-hati dengan benda di dalam fasilitas umum yang mungkin banyak disentuh orang, dan tidak menutup kemungkinan salah satu dari mereka membawa dan menyebabkan virus Corona.

  • Hindari keluar rumah saat jam sibuk.

    Menghindari keluar rumah saat jam-jam sibuk. Pada saat jam sibuk akan banyak orang yang keluar rumah, yang menggunakan fasilitas umum, atau bisa saling berinteraksi tanpa sadar. Hal-hal tersebut bisa membuka kemungkinan tertular virus Corona.

  • Usahakan untuk tidak mengunjungi tempat yang tak diperlukan.

    Hindari untuk mengunjungi tempat yang kurang diperlukan saat pandemi Virus Covid-19. Tempat tersebut bisa seperti tempat pariwisata. Agar dapat memutuskan rantai penyebaran Covid-19 kita harus menghindari tempat tersebut.

  • Hindari suatu area yang menjadi tempat berkumpul

    Menghindari area yang menjadi tempat berkumpulnya banyak orang, seperti kantor, sekolah, bioskop atau arena olahraga serta tempat kerumunan lainnya.

  • Usahakan untuk tidak berjabat tangan dan cipika cipiki dengan orang lain.

    Dua hal ini dapat berpotensi menularkan virus Corona. Kita sebisa mungkin untuk menghindari dua hal ini saat disituasi yang memaksa untuk berinteraksi.

  • Jangan terlalu dekat dengan orang lain.

    Hal ini pasti sudah banyak yang tahu. Untuk menjalankan imbauan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, kita tidak boleh berdekatan.

  • Jauhi tempat orang-orang yang berdesakan.

    Hal sangatlah tidak dianjurkan, jangankan untuk berdesakan kita berdekatan saja tidak boleh. Kita sangat tidak boleh berada dalam kondisi banyak orang yang saling berdesakan.

  • Usahakan tidak pergi bertamu ke rumah orang lain.

    Bertamu ke rumah orang lain untuk sekarang kita hindari dulu. Kita tidak tahu bahwa orang tersebut bebas dari Covid-19 apa tidak.

  • Sebisa mungkin bekerja dari rumah.

    Hal ini sudah banyak diterapkan oleh perusahaan dan instansi pemerintah. Bekerja dari rumah menjadi hal yang paling aman.

Sosial distancing bukan berarti kita mengunci diri di rumah. Sosial distancing hanya imbauan untuk tidak berinteraksi sosial, menghindari keramaian, dan segala bentuk interaksi.


Apa Itu Physical Distancing?

Sosial Distancing dan Physical Distancing, Inilah Arti dan Perbedaannya

Saat istilah social distancing mulai populer, Badan Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization  (WHO), mengubah penggunaan istilah social distancing menjadi physical distancing.
Arti physical distancing merujuk pada tindakan menjaga jarak fisik antara satu orang dengan orang lain.


WHO pasti mempunyai alasan kenapa mengganti istilah social distancing menjadi physical distancing. Kata Kepala Unit Penyakit dan Zoonosis WHO, Maria Van Kerkhove. "Menjaga jarak fisik bukan berarti kita memutus hubungan sosial dengan orang yang kita cintai dari keluarga kita".

Bisa dibilang begini, setiap orang bisa saling mendukung dan berhubungan satu sama lain, dengan keluarga dan teman-temannya, meski secara fisik tidak bisa berdekatan.

Salah satu alasan penggunaan istilah ini juga mengingat kesehatan mental seseorang yang tidak kalah penting dengan kesehatan fisik.
Penggunaan istilah sosial distancing itu kurang tepat menurut Jamil Zaki, Associate Professor of Psychology di Stanford University.
"Kita harus menganggap saat ini sebagai 'physical distancing' untuk menekankan bahwa kita dapat tetap terhubung secara sosial bahkan ketika terpisah. Bahkan, saya mendorong kita semua untuk berlatih bersosialisasi dari jauh" ungkapnya.


Pengubahan istilah pun disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena melihat kondisi rakyat saat ini.
Dalam  rapat terbatas lewat video conference dengan para gubernur di Indonesia. Presiden Jokowi berkata
"Di negara kita yang paling pas adalah physical distancing, menjaga jarak aman," Jakarta (24/3/2020).


Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo pun menyampaikan hasil rapat dengan Jokowi.
"Jaga jarak bukan hanya berlaku di tempat umum, tetapi juga berlaku di seluruh rumah tangga di setiap keluarga,"
"Karena di antara keluarga belum tentu semuanya itu negatif, belum tentu seluruh anggota keluarga itu aman dari virus corona ini,” terus lanjutnya.


Imbauan penerapan physical distancing  sama seperti imbauan social distancing. Yang berarti, jika tidak ada hal terlalu penting, jangan keluar rumah.

  • Hindari kerumunan.
  • Hindari berjabat tangan.
  • Jaga jarak minimal 1,5 meter.
  • Bekerja, belajar, dan beribadah di rumah.
  • Pakai masker bila sakit atau harus berada di tempat umum.

Pada intinya sih, physical distancing hanya membatasi jarak fisik, setiap orang tetap bisa beraktivitas, menjaga hubungan sosial dengan keluarga dan teman-teman menggunakan media sosial atau telepon.


Kesimpulan

Sosial distancing bukan berarti kita mengunci diri di rumah. Sosial distancing hanya imbauan untuk tidak berinteraksi sosial, menghindari keramaian, dan segala bentuk interaksi. Sedangkan, physical distancing hanya membatasi jarak fisik, setiap orang tetap bisa beraktivitas, menjaga hubungan sosial dengan keluarga dan teman-teman menggunakan media sosial atau telepon.

Perbedaan antara dua istilah tersebut hanyalah penggantian istilah, sosial distancing diganti ke physical distancing karena istilah sosial distancing kurang tepat untuk digunakan.



Demikian lah artikel kali ini. Sampai jumpa di postingan artikel berikutnya.
See you;)
Oh ya jika ada kekurangan tolong komentar dan jika artikel ini bermanfaat please share artikel ini.

1 Komentar untuk "Sosial Distancing dan Physical Distancing, Inilah Arti dan Perbedaannya"

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 9 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    Kini Hadir Deposit via Pulsa Telkomsel / XL ( Online 24 Jam )
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel