Bukan Hanya Palung Mariana! Inilah 7 Palung Laut terdalam yang ada di Seluruh Dunia


dhihya7.blogspot.com - Halo sobat semuanya.
Palung ‌adalah jurang yang berada di dasar laut. Palung merupakan depresi topografi sempit yang merupakan bagian terdalam dari lantai samudera. Palung samudra memiliki ciri khas yang berbeda dengan batas konvergen. Kalian semua tahu bahwa palung terdalam yang ada di bumi yang diketahui adalah palung Mariana. palung Mariana, berada di barat laut Samudra Pasifik, tepatnya berada di Kedalaman Challenger yang memiliki kedalaman sekitar 10.923 meter. Selain palung Mariana masih banyak lagi palung laut terdalam di dunia.
Berikut ini daftar Palung laut terdalam yang ada di dunia :


7 Palung Terdalam di Dunia selain Palung Mariana


1. Palung Tonga

7 Palung Terdalam di Dunia selain Palung Mariana

Palung Tonga adalah palung terdalam kedua di dunia setelah palung Mariana. Lokasinya terletak di barat daya Samudra Pasifik dan menjadi parit terdalam di belahan bumi selatan. Bagian terdalam dari palung Tonga adalah lubang Horizon dengan kedalaman 10.800 meter di bawah permukaan laut.


2. Palung Filipina

7 Palung Terdalam di Dunia selain Palung Mariana

Palung Filipina memiliki nama lain palung Mindanao. Ini adalah parit bawah laut di sebelah timur Filipina, di bagian barat Samudera Pasifik Utara dengan panjang 1.320 kilometer dan lebar sekitar 30 kilometer. Parit ini membentang dari pusat pulau Luzon Filipina ke pulau Halmahera di Maluku Utara. Palung ini terbentuk sekitar 8-9 juta tahun yang lalu.
Titik terdalam palung ini adalah 10.540 meter di bawah permukaan laut. Palung Filipina berada di urutan ketiga palung terdalam di dunia.


3. Palung Puerto Rico

7 Palung Terdalam di Dunia selain Palung Mariana

Palung Puerto Rico berlokasi di perbatasan antara Laut Karibia dan Samudra Atlantik. Bagian parit memiliki panjang 800 kilometer. Sementara, palungnya memiliki kedalaman 8.376 meter di bawah permukaan laut.

4. Palung Sandwich Selatan

7 Palung Terdalam di Dunia selain Palung Mariana

Sesuai namanya, palung Sandwich Selatan terletak 100 kilometer di sebelah timur Kepulauan Sandwich Selatan, Britania Raya. Ini adalah parit arkuata yang cukup dalam di Samudera Atlantik Selatan
Pengukuran yang dilakukan dengan sonar multibeam Kongsberg EM124 dari 2-7 Februari 2019 saat Five Deeps Expedition berlangsung. Menunjukkan panjang palung  adalah 965 kilometer dengan kedalaman maksimal 8.266 meter di bawah permukaan laut.

Baca juga :
5 candi terkenal di Indonesia

5. Palung Diamantina

7 Palung Terdalam di Dunia selain Palung Mariana

Kali ini ada palung Diamantina yang berlokasi di barat daya Perth, Australia Barat. Palung Diamantina membentang seluas 1.900 kilometer dari Ninety East Ridge ke Naturaliste Plateau. Titik terdalamnya berada di Samudera Hindia dengan kedalaman 7.079 meter di bawah permukaan laut.

6. Lubang Molloy

7 Palung Terdalam di Dunia selain Palung Mariana

Lubang Molloy adalah fitur batimetri di Selat Fram, Laut Greenland, sekitar 160 kilometer di bagian barat Svalbard. Palung ini dinamai sesuai nama Arthur E. Molloy. Ia adalah ilmuwan peneliti Angkatan Laut AS. Kedalaman pinggiran luar lubang adalah 2.700 meter dan bagian paling dalam adalah 5.600 meter di bawah permukaan laut.
Lobang Molloy punya lantai cekungan dengan luas 220 km2 dan menjadi titik terdalam di Samudera Arktik. Pada 24 Agustus 2019 Orang pertama dan satu-satunya yang berhasil mencapai dasar lubang Molloy adalah Victor Vescovo.

7. Cekungan Eurasia

7 Palung Terdalam di Dunia selain Palung Mariana

Cekungan Eurasia dibatasi oleh Greenland, Lomonosov Ridge, yakni punggungan bawah laut di Samudera Arktik serta Laut Laptev, Laut Kara dan Laut Barents.  Cekungan Eurasia bisa dilihat sebagai perpanjangan dari Cekungan Atlantik Utara melalui Selat Fram.  Kedalaman cekungan Eurasia adalah 5.449 meter di bawah permukaan laut. Diperkirakan, cekungan Eurasia tercipta sekitar 53 juta tahun yang lalu.



Demikian lah untuk artikel kali ini sampai jumpa di postingan artikel berikutnya.

Baca juga :


Belum ada Komentar untuk "Bukan Hanya Palung Mariana! Inilah 7 Palung Laut terdalam yang ada di Seluruh Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel