12 Manfaat Kandungan Buah Pisang bagi Ibu Hamil

12 Manfaat Kandungan Buah Pisang bagi Ibu Hamil

dhihya7.blogspot.com - Halo sobat semua, pisang adalah buah yang digemari oleh masyarakat di semua kalangan usia. Dengan rasa yang enak dan tekstur daging buah yang lembut, mungkin itu salah satu alasan buah pisang sangat disukai. Tidak hanya itu pisang juga disukai karena banyak manfaat kesehatan yang terkandung dalam buah yang satu ini. Tapi Apakah pisang bagus untuk ibu yang sedang mengandung ?.

Manfaat Kandungan Buah Pisang bagi Ibu Hamil


1. Kaya dengan asam folat

Kaya dengan asam folat

Asam folat merupakan salah satu zat yang memiliki peran penting dalam perkembangan janin. Asam folat berpengaruh dalam perkembangan saraf dan otak dan susuk tulang belakang dari janin. Asam folat terkandung dalam buah pisang.

2. Mencegah Anemia Zat besi 

Mencegah Anemia Zat besi

Anemia pada ibu hamil dapat menyebabkan komplikasi pada tahap akhir masa kandungan dan persalinan. Zat besi dapat menghasilkan hamoglobin yang bagus untuk mengurangi resiko anemia. Pisang mengandung zat besi rata rata 3% setiap 225 gram buah pisang.

3. Mengandung Vitamin B6

Mengandung Vitamin B6

Buah pisang mengandung vitamin B6. Dapat membantu meningkatkan perkembangan sel sistem saraf pusat pada janin. Selain itu pisang dapat mengurangi morning sickness. Ibu hamil membutuhkan B6 sekitar 1,9 miligram setiap hari, buah pisang mengandung 4 miligram vitamin B6.

4. Membantu pencernaan

Membantu pencernaan

Ibu yang sedang mengandung sering mengalami gangguan pada sistem pencernaan. Untuk itu ibu hamil dapat menkonsumsi pisang untuk mengatasinya. Karena Pisang mengandung antasid yang akan menekan sekresi asam. Pisang juga kaya akan pektin yang membantu menormalkan pencernaan pada mortilitas usus.

5. Meredakan diare ibu hamil

Meredakan diare ibu hamil

Untuk ibu hamil yang mengalami masalah diare dapat memakan buah pisangPisang mengandung pektin yang dapat menurunkan serat larut. Untuk perempuan hamil dalam serat dapat membantu meringankan diare dengan cara megabsorbsi atau menyerap kelebihan air yang ada di dalam tubuh.

6. Pemenuh kebutuhan potasium bagi ibu dan bayi

Pemenuh kebutuhan potasium bagi ibu dan bayi

Para wanita banyak kehilangan cairan, pada masa pengobatan konservatif, elektrolit yang hilang harus menggunakan garam. Pisang bisa jadi solusi karena pisang
 dapat menjadi ORS untuk perempuan hamil karena mengandung potasium, dan pada bayi bisa dengan pisang pada hari pertama.

Baca juga Beberapa Manfaat Kulit Manggis untuk kesehatan

7. Sumber Kalsium

Sumber Kalsium

Kalsium biasanya dikenal untuk perkembangan tulang. Untuk saraf kalsium sendiri membantu dalam memperlancar neurotransmitter dalam proses kontraksi otot dalam perkembangan janin di dalam rahim.

8. Anti oksidan

Anti oksidan

Anti oksidan untuk seorang ibu hamil dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan janin.


9. Kaya dengan Protein

Kaya dengan Protein

Protein banyak memiliki manfaat bagi kesehatan. Untuk ibu yang sedang   mengandung. Protein berfungsi sebagai sumber kalori dan juga untuk pembentukan antibodi untuk janin dan ibu.


10. Mengurangi mual dan muntah 

Mengurangi mual dan muntah

Pisang sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil muda. Karena pada masa awal kehamilan seorang wanita sering mengalami mual dan muntah setiap hari.


11. Mengurangi pembekakan bagian kaki

Mengurangi pembekakan bagian kaki

Untuk wanita hamil akan mengalami pembekakan pada bagian kaki. Untuk mengurangi itu, ibu hamil dapat menkonsumsi buah pisang. Karena pisang mengandung potasiumpotassium akan membantu mengurangi pembengkakan selama kehamilan.


12. Meningkatkan energi

Meningkatkan energi

Pisang sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil yang masuk 3 bulan akhir dan pasca persalinan. Pisang dapat mengembalikan energi pasca persalinanibu hamil.



Demikian lah untuk artikel kali ini sampai jumpa di postingan artikel berikutnya.

Baca juga Beberapa jenis kanker berbahaya di Indonesia






Referensi dan sumber :
✓. https://www.google.com/amp/s/www.popmama.com/amp/pregnancy/third-trimester/novyagrina/manfaat-buah-pisang-ibu-hamil

Belum ada Komentar untuk "12 Manfaat Kandungan Buah Pisang bagi Ibu Hamil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel