Pengertian Lengkap Unsur Intrinsik dan Ektrinsik pada Cerpen

Pengertian Lengkap Unsur Intrinsik dan Ektrinsik pada Cerpen

dhihya7.blogspot.com - Halo sobat semuanya.
Unsur intrinsik adalah unsur atau poin penting yang memiliki peran dalam pembangunan cerita dari dalam. Contoh unsur intrinsik yaitu Tema, TokohAlur, Latar dan Gaya Bahasa serta Amanat. Berkebalikan dengan unsur intrinsik, unsur ektrinsik adalah unsur atau poin penting yang memiliki peran penting dalam pembangunan cerita dari luar. Unsur ektrinsik bisa faktor luar dari penulis seperti faktor lingkungan dan masih banyak lainnya. Unsur intrinsik dan ektrinsik adalah pondasi batu dari sebuah cerita. Berikut ini unsur intrinsik dan ektrinsik pada Cerpen

Unsur Intrinsik Cerpen

Pengertian Lengkap Unsur Intrinsik dan Ektrinsik pada Cerpen

Unsur intrinsik adalah unsur atau poin penting yang memiliki peran dalam pembangunan cerita dari dalam.

1. Tema Cerpen

Tema Cerpen biasanya bersifat umum atau general. Tema menggambarkan secara padat tentang Cerpen. Tema cerpen biasa dipakai untuk menentukan arah isi cerpen yang akan dibuat.

2. Tokoh Cerpen

Tokoh Cerpen adalah orang orang yang terlibat dalam isi dan konflik cerpen tersebut. Dalam cerpen Tokoh terdiri dari toko utama dan sisanya tokoh pembantu. Selain tokoh ada juga penokohan. Penokohan ada 3 yaitu : protagonis, antagonis, dan tritagonis.


3. Alur Cerpen

Alur adalah jalan cerita, dimulai dari tahap perkenalan, penanjakan, klimaks, anti klimaks, hingga tahap paling akhir yaitu penyelesaian. Dalam cerpen alur ada 3 yakni alur maju dan alur mundur serta alur campuran.


4. Latar Cerpen

Latar adalah saat, tempat, dan suasana isi cerpen tersebut. Latar ada 3 yaitu Latar waktu, Latar tempat, dan Latar suasana.


5. Gaya Bahasa Cerpen

Gaya Bahasa adalah rangkaian  kata-kata yang digunakan penulis cerpen untuk memberikan kesan cerita yang bagus dan tidak membosankan saat dibaca, serta agar cerita terkesan tidak monoton.


6. Amanat Cerpen

Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan oleh si penulis untuk pembacanya melalui semua konflik dan kejadian yang ada dalam cerpen. Amanat itu ada 2 yaitu ada yang tersurat dan ada juga yang tersirat, itu tergantung oleh pemahaman sang pembaca cerpen tersebut.



Unsur Ektrinsik Cerpen

Pengertian Lengkap Unsur Intrinsik dan Ektrinsik pada Cerpen

1. Latar belakang sejarah

Latar belakang sejarah ini bukan merupakan bagian cerita. Sebuah cerpen sangat dipengaruhi oleh latar belakang dari sejarah penulisnya.

2. Latar belakang penciptaan

Latar belakang yang ini memiliki kaitan dengan tujuan cerpen yang dibuat. Misalnya, seorang pengarang membuat cerpen untuk mengenang perjalanannya dan sahabatnya yang telah lama meninggal.

3. Kondisi masyarakat

Kondisi masyarakat pada waktu penulisan  cerpen dapat mempengaruhi cerita. Seperti pada masa penjajahan, maka penulis mengekspresikan perasaannya di waktu masa penjajahan.


4. Psikologis

Unsur psikologis sangat berpengaruh pada Cerpen yang dibuat oleh penulis.




Demikian lah artikel untuk kali ini, sampai jumpa di postingan artikel berikutnya.
See you ;)
Oh ya tolong komen dan share jika artikel ini memiliki kekurangan dan manfaat bagi kalian semua.

Baca juga :

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Lengkap Unsur Intrinsik dan Ektrinsik pada Cerpen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel