PRABOWO SUBIANTO UMUMKAN GIBRAN RAKABUMING RAKA MENJADI CAWAPRESNYA DI PILPRES 2024

PRABWO GIBRAN DI PILPRES 2024

Pada Minggu, 22 Oktober 2023, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto resmi mengumumkan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, sebagai wakil presiden. Pengumuman ini disampaikan usai pertemuan seluruh pimpinan partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang digelar di Perumahan Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. “Saat ini Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang terdiri dari delapan partai politik, “yang dihadiri oleh semua pimpinan jenderal dan sekretaris jenderalnya, kami mengadakan rapat terakhir dan dengan persetujuan bersama kami semua sepakat untuk memilih Prabowo Subianto sebagai calon presiden. Calon presiden Indonesia dari Koalisi Maju yang akan mencalonkan diri pada 2024. 2029 dan saudara laki-laki Gibran Rakabuminga Raka sebagai wakil presiden,” ujarnya.

Hal itu disampaikan Prabowo dalam konferensi pers yang digelar di kediamannya, Minggu. “Berdasarkan hasil pertemuan tadi malam dengan Ketua DPD, saya setuju dengan usulan dan dukungan semua pihak agar Mas Gibran menjodohkannya dengan Pak Prabowo sebagai calon presiden Indonesia,” kata Ketua Umum Golkar Jenderal Airlangga Hartarto, Sabtu. Hasil rapat paripurna pertama Rapimnas Nasional Partai Golkar mengusulkan Gibran Rakabuminga Raka sebagai calon wakil presiden (Cawapres) mendampingi Prabowo Subianto. “Mulai saat ini kami akan berkoordinasi dan menindaklanjuti bersama Pak Prabowo,” kata Gibran di DPP Partai Golkar di Palmerah, Jakarta Barat, Sabtu (21 Oktober 2023). Tak lupa Gibran mengucapkan terima kasih kepada Partai Golkar atas hasil Rapimnas II. Usai promosi resmi, Gibran menyatakan akan berkoordinasi dengan Prabowo mengenai hasil rapat paripurna pertama Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar ke-2. Sebelumnya, Partai Golkar resmi mengumumkan dukungannya terhadap Gibran dalam pencalonan Wakil Presiden Prabowo Subianto saat rapat pimpinan nasional (Rapimnas) pada Sabtu, 21 Oktober 2023.


PROFIL GIBRAN PUTRA SULUNG JOKOWI

GIBRAN RAKBUMING RAKA

Nama Gibran tak hanya tenar sebagai anak Presiden Joko Widodo, namun ia juga dikenal masyarakat karena pengalamannya menjadi pebisnis di bidang kuliner. Gibran mendirikan usaha kuliner seperti Chili Pari Catering, Martabak Kota Baru (Markobar), kafe bahkan Ceker Ayam. Gibran mendirikan perusahaan restoran Chili Pari pada tahun 2010 dengan modal yang ia terima melalui pinjaman bank. Menurutnya, keputusan hidupnya adalah memulai bisnis restoran dan membuka toko di Martabak. Alasannya adalah keinginan untuk hidup mandiri. Ia juga percaya bahwa membuka bisnis katering memberinya peluang menghasilkan uang, misalnya di pesta pernikahan. Perusahaan ini juga mengurus desain lokasi pernikahannya. Tak hanya bisnis Chili Paris yang booming, bisnis Markobar juga kian berkembang. Didirikan pada tahun 2015, Martabak memiliki 29 cabang di berbagai wilayah Indonesia. Sedangkan untuk perusahaan furnitur yang sebelumnya dikelola Jokowi, Gibran menolak melanjutkan bisnisnya.
 

Sebagai pemilik bisnis, gibran wajib melaksanakan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Namun, jika ingin membantu banyak orang, satu-satunya jalan keluar adalah terjun ke dunia politik. Karena politisi dan pejabat bisa membuat kebijakan populer yang bisa membantu banyak orang. Ia juga mengatakan, pengusaha bisa menjadi politisi, namun politisi tidak harus menjadi pengusaha. “Karena seorang pengusaha sukses harus memiliki apa yang kita sebut reintegrasi sosial.“Jadi harus ada yang namanya pengabdian kepada negara dan itu menurut saya sodaqoh,” ujarnya. » kata Gibran. Namun, keengganan Gibran memasuki kancah politik lambat laun mulai melemah. Pada tahun 2020, Gibran resmi terdaftar sebagai calon Wali Kota Solo pada pemilihan presiden daerah (Pilkada) 2020 melalui PDI Perjuangan. Dia menang juga.

Gibran dikabarkan memiliki total kekayaan Rp 26 miliar. Jumlah tersebut berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2022. Angka tersebut meningkat sekitar Rp734 juta dibandingkan LHKPN periode sebelumnya. . Berdasarkan LHKPN 2022, nilai tanah dan bangunan milik Gibran mencapai Rp 17,3 miliar. . Jumlah tersebut sudah termasuk tanah dan bangunan seluas 500 meter persegi/300 meter persegi di Surakarta senilai Rp 6 miliar. tanah dan bangunan seluas 2.000 meter persegi/2.000 meter persegi di Sragen senilai Rp 2,6 miliar dan tanah dan bangunan seluas 112 meter persegi/112 meter persegi di Surakarta senilai Rp 1,5 miliar. . Selanjutnya tanah 113 meter persegi di Surakarta Rp 700 juta, tanah 896 meter persegi di Surakarta Rp 1,74 miliar, dan tanah 1.124 meter persegi di Surakarta Rp 2,1 miliar. . Selain itu, Gibran juga memiliki alat dan mesin transportasi senilai total Rp332 juta. Khusus sepeda motor Scoopy tahun 2015 seharga Rp7 juta, sepeda motor CB-125 tahun 1974 seharga Rp5 juta, sepeda motor Royal Enfield tahun 2017 seharga Rp40 juta, dan Toyota Avanza tahun 2016 seharga Rp90 juta senilai Rp. Selanjutnya Toyota Avanza 2012 dibanderol Rp60 juta, Isuzu Panther 2012 dibanderol Rp70 juta, dan Daihatsu Grand Max 2015 dibanderol Rp60 juta. Gibran juga memiliki harta bergerak lainnya senilai R260 juta, kas dan setara kas senilai R3,1 miliar, harta lainnya senilai R5,5 miliar, dan utang senilai R551 juta. . Dengan demikian total harta Gibran kurang lebih Rp 26 miliar.

GIBRAN CAWAPRES PRABOWO SAMPAI MASUK BERITA ASING

CAWAPRES GIBRAN RAKABUMING RAKA

Media asing juga memberitakan bahwa Gibran Rakabuming Raka (36) adalah calon wakil presiden yang mendampingi calon presiden Prabowo Subianto (72) pada pemilu Indonesia 2024. Prabowo, Ketua Umum Partai Gerindra, mengumumkan Gibran sebagai calon presidennya. Kandidat pada Minggu malam (22 Oktober 2023). Pengumuman ini disampaikan usai pertemuan seluruh pimpinan parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Kediaman Prabowa, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. AFP Agensi Perancis, Prabowo, memilih putra presiden Indonesia sebagai wakilnya. L'Agence France-Presse (AFP) memberitakan, Gibran, 36 tahun, saat ini menjabat Wali Kota Surakarta.Pemilu 2024 pun dikabarkan akan menjadi pencalonan ketiga bagi Prabowo, setelah ia kalah dari Jokowi pada dua pemilu sebelumnya. 

AFP juga memasukkan dua calon presiden lainnya, yakni mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. . “Lebih dari 204 juta pemilih yang memenuhi syarat diperkirakan akan memberikan suaranya pada tanggal 14 Februari”; – tulis AFP. . “Pemenang akan mengambil alih kepemimpinan Jokowi setelah dua periode, dimulai dengan pemilu pertamanya pada tahun 2014.” Secara terpisah, Reuters melaporkan bahwa penunjukan Gibran – putra sulung Presiden Joko Widodo – dapat meningkatkan jumlah suara untuk Prabowo, seperti halnya Jokowi. sangat terkenal. Media London melaporkan bahwa Prabowo memimpin dalam sebagian besar jajak pendapat tahun ini, termasuk dua jajak pendapat minggu lalu dengan selisih tipis, dengan Ganjar di urutan kedua dan Anies di urutan ketiga. “Ganjar dan Anies, keduanya berusia 54 tahun, mendaftar pada Kamis (19 Oktober 2023), hari pembukaan pendaftaran calon presiden,” tulis Reuters dalam artikel bertajuk “Calon presiden Indonesia, Prabowo, memilih putra Jokowi sebagai pasangan calon.” . . Pendaftaran calon presiden dan wakil presiden pemilu 2024 berlangsung hingga 25 Oktober 2023 di KPU. 

Dengan mencalonkan putra sulung Jokowi sebagai calon wakil presiden Indonesia di Tokyo, media Jepang menyoroti prestasi Gibran yang pernah belajar di Singapura dan Australia, lalu mendirikan perusahaan sebelum terjun ke dunia politik pada 2019. 'Subianto (72), Menteri Pertahanan dan Partai Gerindra Pemimpin menambahkan bahwa mereka akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum pada hari Rabu sebelum batas waktu pendaftaran. – Kelanjutan artikel di Nikkei Asia. AFP, Reuters dan Nikkei Asia melaporkan bahwa Gibran bisa menjadi wakil presiden Prabowo setelah Mahkamah Konstitusi mengizinkan seseorang yang berusia di bawah 40 tahun untuk mencalonkan diri sebagai presiden atau wakil presiden, asalkan dia memiliki pengalaman menjalankan kantor di kantor daerah atau kurang. jabatan yang dipilih pada pemilihan umum.

Belum ada Komentar untuk "PRABOWO SUBIANTO UMUMKAN GIBRAN RAKABUMING RAKA MENJADI CAWAPRESNYA DI PILPRES 2024"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel