Inilah 5 Kelemahan Virus Covid-19 yang Kalian Tahu, Agar Terhindar dari Infeksi Virus Covid-19


Inilah 5 Kelemahan Virus Covid-19 yang Kalian Tahu, Agar Terhindar dari Infeksi Virus Covid-19

dhihya7.blogspot.com - Halo sobat semuanya. Virus Corona atau Covid-19 yang sedang menyebar di seluruh dunia ini, ternyata memiliki kelemahan. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk mencegah penularan covid -19, sehingga risiko terinfeksi virus Corona tersebut bisa diminimalisir.
Penyebaran Covid-19 bisa dikatakan sangat cepat dan sampai sekarang belum ditemukannya obat atau vaksin yang bisa mengobati orang yang terjangkit Covid-19, wajar jika banyak orang yang khawatir bahkan dengan kondisi tersebut. Berikut lima kelemahan virus Corona atau Covid-19 yang harus diketahui:


5 Kelemahan Virus Covid-19


1. Dapat dibunuh dengan Sabun

Inilah 5 Kelemahan Virus Covid-19 yang Kalian Tahu, Agar Terhindar dari Infeksi Virus Covid-19

Semenjak virus Corona atau Covid-19 mewabah di berbagai penjuru dunia, semua masyarakat dianjurkan untuk mencuci tangan sesering mungkin. Sebab, virus tersebut bisa hancur dan mati apabila terkena sabun.
Virus Corona sendiri terdiri atas tiga bagian yang tersusun dari DNA atau RNA sebagai inti dari virus, protein yang menjadi bahan baku virus untuk memperbanyak diri, dan lapisan lemak sebagai pelindung luarnya. Ketiga bagian tersebut sebenarnya tidak terikat kuat antara satu dengan lain, sehingga ketika lapisan lemak hancur saat mencuci bagian tubuh pakai sabun, maka virus Corona akan ikut mati.
Imbauan pemerintah untuk sering mencuci tangan menjadi cara yang sangat efektif untuk mencegah terinfeksi Covid-19. Sehingga, kemungkinan virus berpindah dari tangan dan masuk ke dalam tubuh akan berkurang. Untuk Mencegah penularan virus Corona, kita semua harus rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Hal ini harus dilakukan dengan rutin agar virus tidak mudah masuk dan menginfeksi tubuh. 

2. Dapat Dibunuh dengan cairan Disinfektan

Inilah 5 Kelemahan Virus Covid-19 yang Kalian Tahu, Agar Terhindar dari Infeksi Virus Covid-19


Virus Corona terdiri dari beberapa jenis, seperti yang menyebabkan SARS dan MERS. Saat ini yang menjadi penyebab Covid-19 merupakan jenis virus corona yang baru ditemukan. Sejauh ini, diketahui keluarga Coronavirus memiliki karakter yang cukup mirip. Semuanya dianggap lemah, apabila harus berhadapan dengan bahan disinfektan.
Berdasarkan hasil penelitian, virus Corona yang menyebabkan SARS dan MERS mampu bertahan di permukaan benda, seperti kaca, metal, dan plastik selama beberapa hari. Namun sejauh ini memang belum ada penelitian mengenai ketahanan virus penyebab Covid-19 di permukaan, tetapi diduga hasilnya tak jauh berbeda dari jenis virus Corona sebelumnya. Tetapi, virus corona dianggap bisa tak berdaya dengan bahan disinfektan. Untuk Mencegah penularan virus Corona, masyarakat diharuskan untuk selalu membersihkan permukaan benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu, meja, dan telepon genggam dengan menggunakan cairan disinfektan.

3. Tidak bisa bertahan Lama di Permukaan

Inilah 5 Kelemahan Virus Covid-19 yang Kalian Tahu, Agar Terhindar dari Infeksi Virus Covid-19

Meski virus Corona mampu bertahan beberapa hari di permukaan, namun seiring berjalannya waktu virus Corona tak lagi cukup kuat untuk menginfeksi tubuh manusia. Mungkin karena itu, World Health Organization (WHO) maupun Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tak melarang pengiriman paket antar negara, lantaran risiko penularan melalui media pengiriman paket tersebut sangat rendah.

4. Dapat Dikalahkan dengan Antibodi yang kuat

Inilah 5 Kelemahan Virus Covid-19 yang Kalian Tahu, Agar Terhindar dari Infeksi Virus Covid-19

Penginfeksi virus Corona bisa terjadi dalam beberapa tahap, mulai dari yang ringan hingga parah. Pasien yang memiliki gejala ringan, penyakit covid-19 tersebut bisa sembuh dengan sendirinya karena daya tahan tubuhnya baik.
Sebuah penelitian yang dilakukan di Australia meyakini bila antibodi yang kuat menjadi salah satu kelemahan virus Corona. Penelitian tersebut melihat secara teratur kadar antibodi dari hasil seorang pasien Covid-19 berusia 47 tahun dengan gejala ringan hingga sedang. Kondisi pasien tersebut secara keseluruhan sehat dan tidak memiliki penyakit bawaan, seperti diabetes atau hipertensi. Pada hari ke 7-9 semenjak gejala Covid-19 muncul pertama kali pada pasien tersebut, sejumlah antibodi mulai terbentuk di tubuh. Kondisi tersebut pertanda bahwa tubuh sedang melawan virus Corona. Tubuh pasien tersebut berangsur-angsur mulai membaik beberapa hari setelah antibodi terbentuk.
Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut dalam skala lebih besar lagi untuk melihat pola penanganan antibodi terhadap virus Corona. Penelitian tersebut memberitahu masyarakat bahwa senang tiasa untuk selalu menjaga daya tahan tubuh dengan menjalani pola hidup sehat.

5. Menjadi lemah di suhu yang panas

Inilah 5 Kelemahan Virus Covid-19 yang Kalian Tahu, Agar Terhindar dari Infeksi Virus Covid-19

Untuk saat ini memang belum ada penelitian yang menyebutkan virus Corona penyebab Covid-19 lemah terhadap panas.Akan tetapi, virus corona penyebab SARS, terbukti melemah pada suhu panas. Berdasarkan data yang diterbitkan WHO, virus penyebab SARS bisa terbunuh pada suhu 56°C.






Demikian lah artikel kali ini. Sampai jumpa di postingan artikel berikutnya.
See you;)
Ooh ya jika ada kelebihan dan kekurangan bisa langsung komen dan share jika artikel ini bermanfaat.


1 Komentar untuk "Inilah 5 Kelemahan Virus Covid-19 yang Kalian Tahu, Agar Terhindar dari Infeksi Virus Covid-19"

  1. Permisi...numpang lewat,buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    Kini Hadir Deposit via Pulsa Telkomsel / XL ( Online 24 Jam )
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel