Mengenal PSBB, Apa itu PSBB? dan Fungsinya di Indonesia

Mengenal PSBB, Apa itu PSBB? dan Fungsinya di Indonesia

dhihya7.blogspot.com – Halo sobat semuanya. Akhir akhir kita sering mendengar berita tentang penerapan psbb yang dilakukan oleh pemerintah. Tapi, Apakah kamu tahu apa itu PSBB dan apa fungsinya?

PSBB merupakan singkatan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar yang dianggap mampu mencegah penyebaran virus corona yang semakin meluas di Indonesia.

Dilansir dari situs okezone.com, Presiden Joko Widodo telah menetapkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 tentang PSBB dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 pada 31 Maret 2020.
Selain Presiden, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto juga turut menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 9 Tahun 2020 pada Jumat, 3 April 2020, yang mengatur sekaligus merincikan PP Nomor 21 Tahun 2020.

Untuk penerapan PSBB itu sendiri, di Kota Jakarta rencananya akan dimulai pada hari Jumat, 10 April 2020. Sebenarnya apa itu PSBB serta apa fungsinya? 
Bagi yang belum tahu, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Apa itu PSBB ?

Mengenal PSBB, Apa itu PSBB? dan Fungsinya di Indonesia

Menurut Wikipedia Pembatasan sosial berskala Besar adalah istilah kekarantinaan kesehatan di Indonesia yang didefinisikan sebagai "Pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau kontaminasi." Wikipedia

Berdasarkan PP Nomor 21 Tahun 2020 Pasal 1, dijelaskan bahwa Pembatasan Sosial Berskala Besar merupakan pembatasan kegiatan tertentu dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

PSBB simpelnya begini, PSBB adalah salah satu strategi pemerintah dalam mencegah kemungkinan penyebaran virus corona, yang mana juga telah tertuang di dalam aturan PMK Nomor 9 Tahun 2020.

Dalam aturan PMK Nomor 9 Tahun 2020 pasal 2, untuk dapat menerapkan PSBB, maka suatu wilayah provinsi/kabupaten/kota harus memenuhi dua kriteria.
  1. Pertama yaitu jumlah kasus atau kematian akibat penyakit meningkat dan menyebar secara signifikan secara cepat ke beberapa wilayah.
  2. Kedua adalah bahwa wilayah yang terdapat penyakit juga memiliki kaitan epidemiologis dengan kejadian serupa yang terdapat di wilayah atau negara lain.


Dari kedua kriteria itulah pada nantinya Menkes dapat menentukan apakah wilayah atau daerah tersebut layak untuk diterapkan PSBB atau tidak.

Namun, para kepala daerah juga memiliki hak untuk mengajukan permohonan PSBB yang didasari oleh data kasus Covid-19 yang terjadi di daerahnya masing-masing.

Apabila suatu wilayah telah disetujui oleh Menkes, maka PSBB akan diberlakukan di wilayah tersebut selama masa inkubasi terpanjang, yaitu 14 hari.

Jika setelah 14 hari tersebut masih terlihat adanya penyebaran, seperti ditemukannya kasus baru, maka masa PSBB akan diperpanjang selama 14 hari kedepan hingga kasus terakhir ditemukan.



Hal hal yang Dibatasi dalam PSBB?

Berbeda dengan himbauan social distancingPSBB dapat dikatakan penerapkan peraturan yang jauh lebih ketat untuk masyarakatnya.
Terdapat beberapa hal yang dibatasi selama PSBB ini berlangsung, diantaranya adalah:

1. Pembatasan Aktivitas di Sekolah dan Tempat Kerja

Mengenal PSBB, Apa itu PSBB? dan Fungsinya di Indonesia

Membatasi aktivitas sekolah dan tempat kerja masuk ke dalam hal yang harus dilakukan selama PSBB berlangsung, kecuali kantor atau instansi strategi yang memberikan pelayanan ketahanan atau keamanan, ketertiban umum, kebutuhan pangan, bahan bakar minyak atau gas, kesehatan, perekonomian, keuangan, dan kebutuhan dasar lainnya. Selain itu semua aktivitas di kantor dan instansi harus dihentikan sementara.

2Pembatasan Kegiatan di Tempat atau Fasilitas Umum

Mengenal PSBB, Apa itu PSBB? dan Fungsinya di Indonesia

Selama PSBB, kegiatan yang dilakukan di tempat atau fasilitas umum harus dilaksanakan dalam bentuk pembatasan jumlah orang dan pengaturan jarak atau physical distancing.

Namun, pembatasan ini tidak berlaku untuk supermarket, minimarket, pasar, toko, atau tempat penjualan obat dan peralatan medis, kebutuhan pangan, barang kebutuhan pokok, bahan bakar minyak dan gas serta energi.
Tidak hanya itu, fasilitas pelayanan kesehatan dan tempat kegiatan olahraga juga masuk ke dalam daftar yang pengecualian.

3Pembatasan Operasional Transportasi Umum

Mengenal PSBB, Apa itu PSBB? dan Fungsinya di Indonesia

Untuk transportasi umum selama masa PSBB masih beroperasi seperti biasa. Tapi, terdapat pembatasan dilakukan dengan memperhatikan jumlah penumpang yang naik serta menerapkan physical distancing
Untuk transportasi barang yang beroperasi untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat juga dikecualikan.

4. Pembatasan Kegiatan Sosial dan Budaya

Mengenal PSBB, Apa itu PSBB? dan Fungsinya di Indonesia

Untuk kegiatan sosial dan budaya juga harus dibatasi. Larangan ini juga berpedoman pada pandangan lembaga adat resmi yang diakui pemerintah dan peraturan perundang-undangan.

5Pembatasan Kegiatan Keagamaan

Mengenal PSBB, Apa itu PSBB? dan Fungsinya di Indonesia

Masyarakat juga dihimbau untuk sementara waktu tidak melakukan aktivitas di luar rumah yang berkemungkinan untuk berkontak dengan sekumpulan orang dalam jumlah banyak.  Termasuk dalam menjalankan kegiatan keagamaan. 

Kegiatan keagamaan juga harus berpedoman pada peraturan perundang-undangan serta fatwa atau pandangan lembaga keagamaan resmi yang diakui oleh pemerintah.


Fungsi PSBB yang diberlakukan di Indonesia

Mengenal PSBB, Apa itu PSBB? dan Fungsinya di Indonesia

Dengan semakin meningkatnya jumlah orang yang terinfeksi virus corona Covid-19 di Indonesia. Pada hari Jumat, 10 April 2020, pemerintah mulai memberlakukan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Hal ini tentu tak dibuat tanpa adanya alasan yang jelas. Terdapat fungsi PSBB yang diperkirakan mampu menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Terdapat banyak sekali fungsi PSBB yang akan kita dapatkan, diantaranya seperti mencegah terjadinya perkumpulan orang, baik dalam jumlah kecil hingga jumlah besar, dan menekan penyebaran virus corona itu sendiri di kalangan masyarakat.

PSBB diharapkan mampu melindungi orang-orang dari penularan Covid-19 hingga kasus terakhir. Tapi, hal ini tidak akan berhasil tanpa adanya kerjasama dari masyarakatnya itu sendiri.

Maka dari itu, masyarakat juga turut berkontribusi dan menaati peraturan pemerintah agar penyebaran Covid-19 bisa berhenti.









Demikian lah artikel kali ini. Sampai jumpa di postingan artikel berikutnya.
See you;)
Oh ya jika ada kekurangan tolong komentar dan jika artikel ini bermanfaat please share artikel ini.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal PSBB, Apa itu PSBB? dan Fungsinya di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel