Kumpulan Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri dengan Menggunakan Bahan yang Alami


Kumpulan Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri dengan Menggunakan Bahan yang Alami

dhihya7.blogspot.com - Halo sobat semuanya. Di tengah pandemi wabah Covid-19, membuat hand sanitizer menjadi langkah dan susah untuk di dapatkan. Jika ada itu pasti harganya akan cukup mahal. Termasuk di Indonesia harga dari hand sanitizer juga mahal karena dampak wabah Covid-19 yang sedang melanda. Karena itu, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang berinisiatif membuat hand sanitizer sendiri, dengan menggunakan bahan alami yang bahkan tidak sulit didapatkan. Dengan menggunakan bahan - bahan alami lebih baik ketimbang membeli hand sanitizer di apotek atau toko alat kesehatan lainnya. Sebab, membuat hand sanitizer sendiri dari bahan alami ini lebih aman, baik itu untuk kulit atau organ tubuh lainnya.

Cara Membuat Hand Sanitizer dengan Bahan yang Alami



Cara Membuat Hand Sanitizer dengan Bahan yang Alami

Banyak orang berinisiatif untuk membuat hand sanitizer sendiri dengan menggunakan bahan bahan alami yang mudah didapat. Untuk membuat hand sanitizer alami itu cukup gampang loh. Berikut ini kami berikan cara membuat hand sanitizer alami :


Hand Sanitizer dari Daun Sirih dan Kulit Rambutan

Hand Sanitizer dari Daun Sirih dan Kulit Rambutan

Daun sirih memiliki sifat antiseptik. Sedangkan kulit rambutan mempunyai sifat antioksidan. Tapi, jika kulit rambutan tidak ada bisa kalian ganti dengan kulit dari buah manggis, sebab mempunyai sifat yang sama yakni antioksidan. Cara membuat hand sanitizer dari sirih dan kulit rambutan itu cukup gampang.
Caranya :
  • Siapkan terlebih dulu daun sirih dan kulit rambutnya serta botol spray sebagai wadahnya.
  • Rebus daun sirih dan kulit rambutan, tapi jangan bersamaan, sebab yang akan diambil adalah ekstrak dari dua bahan tersebut.
  • Lalu, kedua ekstrak tersebut dicampurkan ke dalam botol spray yang sudah diisi air secukupnya. Kalian dapat menambahkan minyak zaitun beberapa tetes saja, supaya kulit tetap lembut.



Hand Sanitizer dari Daun Kemangi dan Lidah Buaya

Hand Sanitizer dari Daun Kemangi dan Lidah Buaya

Daun kemangi serta lidah buaya juga dapat dijadikan hand sanitizer alami. Kedua bahan tersebut sama seperti daun sirih dan kulit rambutan. Daun kemangi juga memiliki sifat antiseptik, serta lidah buaya mempunyai sifat antioksidan.Cara membuat hand sanitizer dari bahan itu mudah.
Caranya :
  • Siapkan botol spray kosong dan kedua bahan alami tersebut yaitu lidah buaya dan daun kemangi.
  • Kupas terlebih dulu lidah buaya, Kemudian haluskan berbarengan dengan daun kemangi. Setelah itu, saring kedua bahan bahan yang sudah dihaluskan tadi untuk memperoleh ekstraknya.
  • Untuk mendapatkan bau yang wangi, larutkan bubuk daun jeruk dengan menggunakan air secukupnya. Lalu, campur bubuk daun jeruk dengan ekstrak dua bahan tersebut.
  • Setelah itu, masukkan ke dalam botol spray, dan siap digunakan untuk membersihkan tangan Anda.



Hand Sanitizer dengan Menggunakan  Buah Lemon

Hand Sanitizer dengan Menggunakan  Buah Lemon

Bahan lain yang bisa dijadikan hand sanitizer sendiri adalah lemon. Buah yang dikenal sangat asam ini, ternyata mampu membasmi kuman yang ada di tangan dan dapat menjadikan kulit tetap cerah dan juga lembut. cara membuat hand sanitizer dari bahan lemon tidaklah sulit.
Caranya :
  • Siapkan dulu bahan yang diperlukan seperti, botol spray dan buah lemon. 
  • Pertama-tama peras terlebih dulu buah lemon.
  • Lalu perasan lemon itu dicampur dengan air secukupnya dan masukkan ke dalam botol spray.



Hand Sanitizer Pakai Cuka Putih

Hand Sanitizer Pakai Cuka Putih

Cuka putih biasanya hanya dijadikan sebagai bahan penambah penyedap rasa pada makanan. Tapi ternyata, bahan ini bisa dipakai untuk membuat hand sanitizer alami loh. Beberapa penelitian menunjukkan, cuka putih memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Sehingga, dapat membantu membunuh bakteri dan bisa dijadikan disinfektan yang efektif. Cuka putih merupakan bahan yang memiliki kemampuan dapat melarutkan residu serta menetralkan bau. Tidak sebatas itu saja, bahan ini juga tak beracun serta mempunyai kemampuan untuk terurai sekaligus, menjadikannya ramah lingkungan. Cara membuatnya sangat mudah.
Caranya :
  • Siapkan dulu bahan yang diperlukan yaitu cuka putih dan botol spray.
  • Campurkan cuka putih dengan air sedikit, kemudian masukkan ke dalam botol spray.
  • Kalian dapat menjaga kualitas dengan menyimpan terlebih dulu di lemari pendingin atau kulkas.



Hand Sanitizer dari Minyak Esensial dan Lidah Buaya

Hand Sanitizer dari Minyak Esensial dan Lidah Buaya

dan lidah buaya berfungsi untuk melembabkan kulit. Jadi, untuk membunuh kuman yang ada di tangan bisa dengan menggunakan alkohol, namun kandungannya lebih dari 70%. Untuk Membuat hand sanitizer selanjutnya bisa kita manfaatkan minyak esensial dengan lidah buaya. Untuk membuatnya cukup mudah.
Caranya :
  • Pertama kalian harus menyiapkan bahan yang digunakan. Kalian harus menyiapkan alkohol, minyak esensial, botol spray dan lidah buaya yang sudah berupa gel.
  • Cukup dengan mencampurkan minyak esensial dan lidah buaya yang sudah jadi gel ke dalam botol spray yang sudah diisi alkohol.



Cara Lain Membuat Hand Sanitizer Sendiri dengan Menggunakan Berbagai Bahan Alami

Cara Lain Membuat Hand Sanitizer Sendiri dengan Menggunakan Berbagai Bahan Alami

Selain cara di atas, masih ada cara lainnya yang bisa digunakan untuk membuat hand sanitizer alami. Dengan menggunakan bahan antara lain, lidah buaya, cuka putih, minyak atsiri, colloidal silver, dan alkohol. Minyak atsiri mempunyai kualitas sebagai antibakteri, antijamur, serta antimikroba. Sedangkan colloidal silver terkenal sebagai antibiotik alami dan antimikroba. Alkohol dengan kandungan lebih dari 70 % paling efektif untuk membunuh kuman. Cara membuatnya tidak sulit.
Caranya :
  • Siapkan bahan yang disebutkan di atas dan botol spray, yakni Siapkanlah 120 ml atau setengah gelas air lidah buaya yang sudah disaring, cuka putih sebanyak 120 ml, 10 sampai 12 tetes minyak atsiri, dan satu sendok makan colloidal silver serta isopropil alkohol.
  • Campurkan bahan tersebut ke dalam wadah aduk sampai rata.
  • Lalu, masukkan ke dalam botol spray untuk penggunaan yang lebih praktis.
  • Membuat hand sanitizer pakai bahan alami memang tidak sulit, namun perlu kalian perlu tahu, bahwa daya tahan pemakaian berbeda dengan produk kemasan yang dijual di apotek atau toko kesehatan lainnya.






Demikian lah artikel kali ini. Sampai jumpa di postingan artikel berikutnya.
See you;)
Oh ya jika ada kekurangan saya minta maaf dan jika artikel ini bermanfaat bisa tolong bantu dengan share artikel ini.


Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri dengan Menggunakan Bahan yang Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel